SOSIALISASI PROGRAM BIDAN DELIMA

Sesuai dengan RESTRA Program Bidan Delima 2011, bahwa akan dilaunchingnya Program Bidan Delima di 6 (enam) Propinsi baru. tanggal 19 Februari 2011, Sumatera Barat adalah pelabuhan pertama berkumpul 19 Pengurus Cabang di Kota Bukit Tinggi mendengarkan pemaparan DR. HJ. Emy Nurjasmi, MKes (PP IBI) dan Asmilia Makmur, MKM (GM UPBD Pusat). selang seminggu setelah itu, tepatnya 24 Februari 2011, Riau menjadi pelabuhan ke-dua dihadiri oleh 11 Pengurus Cabang mendengarkan pemaparan langsung dari Ketua Umum PP IBI yaitu Ibu DR. Harni Koesno, MKes dan Asmilia Makmur, MKM (GM UPBD Pusat).

Pada kesempatan ini, Profil Program Bidan Delima dipaparkan secara gamblang oleh Ibu DR. Harni Koesno, MKes. beliau mengatakan bahwa Bidan Delima merupakan mekanisme untuk menjamin standarisasi dan peningkatan kualitas pelayanan kebidanan bagi bidan praktek swasta, selain itu Bidan Praktek Swasta sudah seharusnya untuk senantiasa mempertahankan standar, dalam Program Bidan Delima cara mempertahankan standar secara internal langsung oleh individu bidan dan dari eksternal oleh asesor bidan delima dan fasilitator bidan delima sebagai monev dan asesmen. mengenai apa yang dimonev beliau menyampaikan dengan tegas yaitu sistem.

sementara itu, Asmlia Makmur pun melanjutkan tugas untuk menyampaikan kepada peserta sosialisasi Program Bidan Delima yang hadir dengan menggambarkan langkah yang harus ditempuh paskah sosialisasi Program Bidan Delima. diantaranya:didahului dengan rapat pleno di tingkat kabupaten/ kota, mengajukan SK Pengukuhan Unit Pelaksana Bidan Delima Kabupaten/ kota kepada PP IBI ditembuskan kepada PD IBI. memahami tugas dan tanggung jawab Unit Pelaksana Bidan Delima (dibantu petunjuk teknis program bidan delima tingkat Kabupaten/ Kota), mensosialisasikan kepada BPS, memilih calon Fasilitator Bidan Delima dan mengirimnya untuk mengikuti pelatihan fasilitator pada July 2011 dengan bantuan Johnson dan Johnson.

sementara itu, 19 Maret 2011 merupakan pelabuhan ke-3 untuk mensosialisasikan Program Bidan Delima di Propinsi Bengkulu, sampai bertemu di Propinsi lain bersama Program Bidan Delima kita mewujudkan pelayanan berkualitas, Bravo.